Politeknik Kesehatan Kemenkes

Senin, 02 Maret 2015

Poltekkes Manado

Poltekkes Manado
Sejarah Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado, awalnya terdiri dari beberapa Akademi yaitu Akademi Keperawatan, Akademi Kebidanan, Akademi Gizi, Akademi Kesehatan Lingkungan.
Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado adalah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan profesional tenaga kesehatan yang dibentuk berdasarkan keputusan Menteri kesehatan dan Kesejahteraan Sosial nomor 298/Menkes.Kesos/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001. Penggabungan beberapa Akademi di Lingkungan Departemen Kesehatan menjadi Politeknik Kesehatan merupakan salah satu upaya pengembangan sumber daya tenaga kesehatan yang harus pula disesuaikan dengan adanya perubahan kebijakan dan perangkat ketentuan penyelenggaraan pendidikan Tenaga Kesehatan.
Pada saat ini Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado memiliki 4 Program Studi Diploma IV, yaitu D-IV Kesehatan Lingkungan (Minat Epidemiologi Lingkungan & PAPLC), D-IV Gizi (Minat Gizi Klinik & Gizi Masyarakat), D-IV Kebidanan (Minat Bidan Pendidik) dan D-IV Keperawatan (Minat Gawat Darurat) serta memiliki 6 Program Studi Diploma III, yaitu D-III Keperawatan, D-III Kebidanan, D-III Gizi, D-III Kesehatan Lingkungan, D-III Farmasi dan D-III Kesehatan Gigi.
Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado dipimpin oleh seorang Direktur dengan dibantu oleh 3 (tiga) orang pembantu Direktur (Pudir), Kepala Sub bagian, Koordinator Urusan & Kepala Unit. Pembantu Direktur ada tiga yaitu Pudir I membidangi Akademik, Pudir II membidangi keuangan, kepegawaian dan umum serta pudir III yang membidangi Kemahasiswaan. Kepala sub bagian ada 2 yaitu : Kepala Sub bagian Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Sistim Informasi dan Kepala Sub Bagian Administrasi umum keuangan dan kepegawaian. Sedangkan Kepala Unit ada 7 yaitu : Unit penelitian dan pengabdian pada Masyarakat, Unit Laboratorium, Unit Perpustakaan, Unit Komputer, Unit Bengkel, Unit Asrama dan Unit Pemeliharaan dan perbaikan.
Sedangkan untuk kelancaran proses belajar mengajar di tiap-tiap Jurusan diketuai oleh seorang Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi dan dibantu oleh Sekretaris Jurusan, dan unit yang menangani masalah pendidikan dan Kemahasiswaan serta unit-unit lain sebagai penunjang penyelenggaraan proses belajar mengajar dan Pengabdian kepada masyarakat.

Jurusan dan Program Studi di Poltekkes Kemenkes Manado

1) Jurusan Keperawatan (Program Diploma III dan Sarjana Sains Terapan)
2) Jurusan Kebidanan (Program Diploma III dan Sarjana Sains Terapan)
3) Jurusan Gizi (Program Diploma III dan Sarjana Sains Terapan)
4) Jurusan Kesehatan Lingkungan (Program Diploma III dan Sarjana Sains Terapan)
5) Jurusan Farmasi (Program Diploma III)
6) Jurusan Keperawatan Gigi (Program Diploma III)
7) Jurusan Analis Kesehatan (Program Diploma III )



Kontak Kami :
Poltekkes Kemenkes Manado
 Jl. R.W. Monginsidi Malalayang II Manado Propinsi Sulawesi Utara - Indonesia
Web : http://poltekkesmanado.ac.id/index.php
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Buku CPNS 2021

Tryaout CPNS 2021