Politeknik Kesehatan Kemenkes

Selasa, 27 Januari 2015

Poltekkes Tanjungkarang

Politeknik Kesehatan Tanjungkarang
Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungkarang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia nomor : 298/Menkes-Kesos/SK/IV/2001, merupakan penggabungan dari 5 (lima) Akademi Kesehatan yang ada di Provinsi Lampung. Akademi-akademi tersebut berubah menjadi jurusan, yaitu Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Lingkungan, Analis Kesehatan, Kesehatan Gigi, DIV Promkes, dan DIV Analis Kesehatan.

Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang merupakan Unit Pelaksana Teknis Kemenkes RI dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (Badan PPSDM Kesehatan). Pembinaanya secara adminitrasi dilakukan oleh Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan dan secara teknis oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan (Pusdiklatnakes). Sampai saat ini Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungkarang mengelola 8 Jurusan terdiri dari Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Lingkungan, Analis Kesehatan, Kesehatan Gigi, Gizi, Teknik Gigi, Farmasi dan 8 Program Studi terdiri dari Program D.III Keperawatan Kotabumi, Program D.III Kebidanan Metro, Program D.IV Keperawatan, Program D.IV Bidan Pendidik, Program D.IV Bidan Klinik, D.IV Kesehatan Lingkungan, D.IV Promkes dan D.IV Analis Kesehatan.

Pelaksanaan kegiatan Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 890/MENKES/PER/VIII/2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan yang kemudian dijabarkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: OT.02.03/1/4/03440.1, Tanggal 1 Juli 2008, tentang Pedoman Organisasi dan Tatalaksana Politeknik Kesehatan Departemen Kesehatan RI kemudian ditindaklanjuti dengan Keputusan Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungkarang No. KP.01.03/I.2/0484/2011 Tanggal 18 Februari 2011 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.

1. Visi Visi merupakan cita-cita dan tujuan yang hendak dicapai oleh Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga pimpinan berserta seluruh civitas akademika memiliki pedoman atau acuan dalam menyelenggarakan kegiatan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Dosen dan pegawai dalam menjalankan tugas dan fungsinya terarah pada pencapaian Visi. Visi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Tanjungkarang adalah:
Menjadi Pendidikan Tinggi Kesehatan yang Profesional, Unggul dan Mandiri

Definisi operasional Visi:
a. Profesional; Melaksanakan pendidikan sesuai dengan kompetensi di setiap jurusan.
b. Unggul;
1) Memiliki banyak Jurusan
2) Memiliki Laboratorium Terpadu dan Klinik Terpadu yang merupakan lahan praktik, selain itu dapat digunakan untuk masyarakat umum dan swasta.
3) Mandiri; Mampu menyelenggarakan pendidikan dengan sarana dan prasaran yang dimiliki.


2. Misi
Visi tersebut diuraikan dalam bentuk Misi dengan tujuan untuk mempersiapkan langkah–langkah strategis yang hendak dilaksanakan oleh Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungkarang dalam kurun waktu 5 tahun kedepan. Uraian Visi ke dalam Misi organisasi dilakukan sesuai dengan kriteria utama dalam visinya yang terangkum dalam kata Profesional, Unggul dan Mandiri sebagai berikut :
  • Melaksanakan pendidikan dan pengajaran dengan ilmu dan teknologi terkini di bidang kesehatan untuk membentuk sumber daya manusia yang profesional, mandiri, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Mengembangkan ilmu dan teknologi di bidang kesehatan melalui penelitian berkelanjutan.
  • Meningkatkan pengabdian masyarakat dengan menerapkan teknologi tepat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan.
  • Mengembangkan dan meningkatkan kemitraan dengan pihak terkait dalam mendukung Tri Darma perguruan tinggi.

3. Tata Nilai
  1. Nilai Dasar/Nilai Utama. Proses penyelenggaraan layanan pendidikan tenaga kesehatan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungkarang bagi setiap individu yang terlibat harus dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, disiplin, rajin, jujur, adil, terbuka, lugas, konsisten, kebersamaan, profesional, unggul dan mandiri serta saling menghargai dan bertanggung jawab terhadap tugas dan tindakannya berdasarkan peraturan, etika, dan moral sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.
  2. Nilai Pelayanan
    Memberikan pelayanan yang bermutu secara konsisten dengan melakukan upaya peningkatan mutu lulusan dan jasa secara berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan internal (kementerian kesehatan) dan eksternal (stakeholders) antara lain memperhatikan kepuasan pelanggan, kesetaraan, dapat dipercaya, tepat waktu, terjangkau, sistematis, dan dinamis.
  3. Nilai Manfaat
    Menghasilkan lulusan dan pelayanan yang memberi manfaat bagi penyelesaian berbagai isu strategis dan menghasilkan metode atau model baru melalui penelitian yang terus menerus bidang kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.
  4. Nilai Pro Mahasiswa
    Dalam penyelenggarakan pendidikan selalu mendahulukan kepentingan mahasiswa dan haruslah menghasilkan yang terbaik bagi mahasiswa, diperolehnya lulusan yang kompetitif, mempunyai jiwa kewirausahaan dan mandiri, sifat inovatif, kreatif, berdaya saing tinggi.
  5. Nilai Responsif
    Program pendidikan Politeknik Kesehatan Kemenkes Tanjungkarang harus mengacu sesuai kebutuhan pelanggan (stakeholders/user) serta tanggap dan proaktif dalam mengevaluasi program pendidikan secara berkesinambungan berdasarkan kompetensi kebutuhan user.
Jurusan :
  1. Keperawatan
  2. Kebidanan
  3. Kesehatan Lingkungan
  4. Keperawatan Gigi
  5. Analis Kesehatan
  6. Gizi
  7. Farmasi
  8. Teknik Gizi
Alamat :
JL. Soekarno Hatta, No. 1, Lampung, Indonesia
+62 721 783852

Website :http://poltekkes-tjk.ac.id/index.php/web/web

Share:

2 komentar:

  1. wah inget dulu jaman kuliah di kampus akl jakarta aka 06
    salam kenal ia gan kalo gitu.
    Oh ia informasi ini :
    jasa lukis dinding
    jasa lukis mural
    Siap ke Lampung

    BalasHapus
  2. min fast respon, kan kalau tidak mengupload berkas yang lengkap dinyatakan gugur ,tapi ijazah saya belum keluar baru SKHU sementara yang keluar apa masih bisa daftarr

    BalasHapus

Buku CPNS 2021

Tryaout CPNS 2021