Politeknik Kesehatan Kemenkes

Selasa, 27 Januari 2015

Poltekkes Tasikmalaya

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Tasikmalaya

Politeknik Kesehatan Tasikmalaya
Melalui proses panjang, perkembangan Pendidikan Kesehatan dari mulai tahun 1970-an bermula Sekolah Penjenang Kesehatan, Tahun 1980-an ditingkatkan menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) termasuk Program D-I, Program Pendidikan Bidan (PPB) dan Sekolah Pengaturan Rawat Gigi (SPRG). Tahun 1993 ditingkatkan statusnya menjadi Akademi Keperawatan (AKPER), Akademi Kebidanan (AKBID) dan Akademi Kesehatan Gigi (AKG). Pada tanggal 16 April 2001 dengan Kepetusan Meteri Kesehatan RI 298/MenKes-Kesos/SK/IV/2001 tahun 2001 secara resmi tiga Akademi yang berada di Tasikmalaya dan dua Akademi di Cirebon digabungkan menjadi satu institusi pendidikan kesehatan, dengan nama Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Tasikmalaya. 


Sejarah Politeknik Kesehatan Kemenkes Tasikmalaya

A.    Dasar Pemikiran Pendirian
Sesuai dengan Pedoman Organisasi dan Tatalaksana Politeknik Kesehatan KemenKes RI, maka dasar pemikiran pendirian Politeknik Kesehatan KemenKes Tasikmalaya adalah : pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri. Keberhasilan pembangunan kesehatan dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama SDM kesehatan bermutu yang berperan sebagai pemikir, perencana, pelaksana, penggerak dan pengawas pembangunan kesehatan.         
Di era globalisasi masyarakat semakin kritis terhadap segala aspek, termasuk terhadap mutu pelayanan kesehatan yang berkualitas. Selain itu, kebutuhan dan tuntutan masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan semakin meningkat sejalan dengan peningkatan pengetahuan dan kemampuan masyarakat maupun perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era keterbukaan ini. Perubahan dan perkembangan ini sangat mempengaruhi orientasi pelayanan kesehatan dari pelayanan yang lebih bersifat promotif dan perventif bagi masyarakat luas.
Implikasi perubahan orientasi pelayanan kesehatan adalah perubahan pendekatan dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan dan penyesuaian karakteristik maupun mutu SDM kesehatan yang melaksanakan pelayanan kesehatan tersebut.
SDM yang bermutu hanya dihasilkan oleh institusi pendidikan tenaga kesehatan (diknakes) yang bermutu pula. Oleh karena itu, perlu dikembangkan upaya untuk meningkatkan kualitas diknakes melalui peningkatan kualitas manajemen institusi pendidikan.
Salah satu upaya yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas manajemen institusi pendidikan adalah dengan mengembangkan organisasi dan tata laksana Politeknik Kesehatan (Poltekkes KemenKes RI).
 
B.     Kedudukan, Tugas dan Fungsi Politeknik KemenKes Kesehatan
  1. Kedudukan
Poltekkes KemenKes adalah unit pelaksana teknis di lingkungan Departemen Kesehatan, yang berada dibawah dan  bertanggung jawab kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDM Kesehatan), dan dipimpin oleh seorang Direktur.
Direktur Poltekkes KemenKes dalam melaksanakan tugasnya secara teknis fungsional dibina oleh Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, secara administratif dibina oleh Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan.
  1. Tugas
Poltekkes KemenKes mempunyai tugas melaksanakan pendidikan profesional dalam program Diploma III dan/ atau Program Diploma IV sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  1. Fungsi
Politeknik KemenKes Kesehatan mempunyai fungsi:
a.       Pelaksanaan pengembangan pendidikan profesional dalam sejumlah keahlian di bidang kesehatan.
b.      Pelaksanaan penelitian di bidang pendidikan profesional dan kesehatan.
c.       Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.
d.      Pelaksanaan pembinaan Civitas Akademika dalam hubungannya dengan lingkungan.
e.       Pelaksanaan kegiatan pelayanan administratif.


JURUSAN DAN PROGRAM STUDI

1.  JURUSAN KEPERAWATAN :
a.  PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN TASIKMALAYA
b.  PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN CIREBON
 
2.   2.  JURUSAN KEBIDANAN
a.    PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN  TASIKMALAYA
b.    PROGRAM STUDI DIPLOMA IV KEBIDANAN KLINIK TASIKMALAYA
c.    PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN CIREBON
d.    PROGRAM STUDI DIPLOMA IV KEBIDANAN KLINIK CIREBON
 
3.   3.  JURUSAN KEPERAWATAN GIGI
a.    PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEPERAWATAN GIGI TASIKMALAYA
b.    PROGRAM STUDI DIPLOMA IV KEPERAWATAN GIGI TASIKMALAYA
 
4.   4. JURUSAN GIZI
a.    PROGRAM STUDI DIPLOMA III TASIKMALAYA
b.    PROGRAM STUDI DIPLOMA III CIREBON
 
5.   5. JURUSAN PEREKAM DAN INFORMASI KESEHATAN
a.    PROGRAM STUDI DIPLOMA III PIKES TASIKMALAYA
b.    PROGRAM STUDI DIPLOMA III PIKES CIREBON
 
6.   6.  JURUSAN FARMASI
a.    PROGRAM STUDI DIPLOMA III PIKES TASIKMALAYA


ALAMAT
Jalan Cilolohan, Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat 46115, Indonesia
+62 265 340186











Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Buku CPNS 2021

Tryaout CPNS 2021