Politeknik Kesehatan Kemenkes

Jumat, 07 Februari 2014

STIKES Achmad Yani - Cimahi

Latar Belakang

STIKES Achmad Yani - Cimahi Jawa Barat
Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) menyadari betapa pentingnya peranan pendidikan dalam menunjukan kesejahteraan dan mencerdaskan kehidupan bangsa dalam segala bidang termasuk bidang kesehatan, oleh karena itu YKEP sejak tahn 1984 telah mendirikan lembaga pendidikan kesehatan dengan nama akademi keperawatan jenderal achmad yani (Akper A. Yani) Cimahi. Kemudian sejalan dengan perkembangan, pada tahun 2002 Akper A. Yani Cimah berubah menjadi Stikes Jenderal Achmad Yani (Stikes Jenderal A. Yani) Cimahi.

Visi , Misi dan Tujuan

Visi
Menjadi pusat pengembangan profesi kesehatan masyarakar, keperawatan,Kebidanan, dan analis kesehatan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat kepada masyarakat tinggkat nasional dan regional dengan standar internasional yang memiliki jiwa kewirausahaan, budi pekerti yang luhur, nilai kejuangan, serta wawasan kebangsaan dalam mengembangkan sumber daya manusia di bidang kesehatan pada tahun 2017.

Misi
  • Mengembangkan Stikes Jenderal A. Yani Cimahi secara inovatif, kreatif, mandiri sesuai kebutuhan masyarakat selaras dengan kemajuan global.
  • Menyelenggarakan progrm pendidikan dan pengajaran secara profesional dalam bidang kesehatan yang bermutu, inovatif, kreatif untuk memenuhi tenaga kesehatan yang mandiri, bermoral, dan berbudaya, di dukung oleh staf profesional dengan standar nasional internasional.
  • Meningkatkan kegiatan penelitian yang menunjang ilmu kesehatan meliputi penelitian dasar, terapan, dan kebijakan khusus bidang kesehatan sesuai kebutuhan dan isu-isu strategis masyarakat lobal.
  • Mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelayanan pendidikan (pelatihan, seminar, kaji tindak) secara edukatif, konsisten, dan terprogram dalam bidang ilmu kesehatan dengan pendekatan pembayaran masyarakat dan terapan tekologi kesehatan tepat guna.
  • Meningkatkan jumlah dosen tetap yang bergelar master, doktor, dan spesialis kesehatan yang erdedikasi tinggi untuk mengembangkan ilmu sesuai bidang keahlian dengan inovasi, dan kreativitas yang berlandasan etika, dan moral profesi berwawasan global, dan bermutu tinggi.
  • Memberikan fasilitas-fasilitas untuk mendukung kegiatan pendidikan, peneltian, dan pengabdian kepada masyarakat bagi sivitas akademika dan kesehatan sekitar.
  • Melakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan , penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan kesehatan berskala nasional, regional, dan internasional.

Tujuan
  • Menghasilkan serjana kehatan masyarakat,serjana keperawatan, serjana sain terapan bidan pendidik, ahli madya keperaatan, ahli madya kebidanan, dan ahli madya analis kesehatan yang memiliki kemampuan akademik, memiliki integritas kribadian tinggi, dan dapat menerapkan, mengembangkan serta memperluas ilmu kesehatan secara profesional.
  • Menghasilkan serjana kesehatan masyarakat, sarjana keperawatan, serjana sain terpan bidan pendidik, ahli madya madya keperawatan, ahli madya kebidanan, ahli madya analis kesehatan yang mampu mengadakan penelitian dalam bidang keahliannya, dan mampu mengabdikan dan mengimplentasikan pengetauhan serta keterampilan dalam bidang keilmuannya secara profesional untuk memenuhi kebutuhan masyarakan di lapangan

Program studi

Program studi di Stikes Jenderal A. Yani Cimahi terdiri atas 8 (delapan) program studi yaitu:
  1. Ilmu Kesehatan Masyarakat (S-1)
  2. Ilmu Keperaatan (S-1)
  3. Keperawatan (D-3)
  4. Kebidanan (D-3)
  5. Analis Kesehatan (D-3)
  6. Bidan Pendidik (D-4)
  7. Profesi Ners
  8. Magister Keperawatan Anak.

Akreditasi

Hampir seluruh program studi di Stikes Jenderal A. Yani Cimahi telah terakreditasi BAN-PT, yaitu:
  1. Ilmu Kesehatan Masyarakat (S-1)  SK BAN PT Nomor: 014/BAN-PT/AK-XIV/S1/VII/2011 Tanggal 21 Juli 2011
  2. Ilmu Keperawatan (S-1) SK BAN PT Nomor: 042/BAN-PT/AK-XII/S1/1/2010 Tanggal 22 JJanuari 2010
  3. Keperawatan (D-3)  SK BAN PT Nomor: 011/BAN-PT/AK-XI/DPI-III/VIII/2011 Tanggal 18 Agustus 2011
  4. Kebidanan (D-3) SK BAN PT Nomor: 010/BAN-PT/AK-XI/DPI-III/VIII/2011 Tanggal 12 Agustus 2011
  5. Analis Kesehatan (D-3) SK BAN PT Nomor: 026/BAN-PT/AK-X/DPI-III/VII/2010 Tanggal 23 Agustus 2010
  6. Bidan Pendidik (D-4)  SK BAN PT Nomor: 006/BAN-PT/AK-VIII/DPI-IV/VIII/2011 Tanggal 24 Agustus 2011

Sekretariat
Jl. Terusan Jenderal Sudirman Cimahi - 40633
Telp (022) 6631622-24
Fax (022) 6631624
e-mail:info@stikesayani.ac.id

 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Buku CPNS 2021

Tryaout CPNS 2021