Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) membantu penyediaan dua tenaga dokter spesialis di Kabupaten Supiori, Papua.

Kepala Dinas Kesehatan Supiori dr Jenggo Suwarko yang dihubungi di Supiori, Kamis mengakui, pengiriman bantuan dua dokter spesialis penyakit dalam dan spesialis anak lulusan Universitas Andalas Padang itu sesuai dengan permintaan guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Untuk kurun waktu penempatan dokter spesialis selama enam bulan. Ini dapat saja diperpanjang sesuai kesepakatan bersama," ungkap Kepala Dinkes Jenggo Suwarko.

Ia menyebutkan, dengan pengiriman bantuan dokter spesialis dari pusat diharapkan dapat melayani pemeriksaan pasien penyakit dalam dan anak yang setiap hari berobat ke rumah sakit umum daerah Supiori.

Selain mendapat bantuan dari Kemenkes, menurut Jenggo, dalam upaya memenuhi kebutuhan dokter spesialis, Pemkab Supiori juga mengirim empat dokter umum untuk melanjutkan pendidikan spealis ke berbagai perguruan tinggi, di antaranya Universitas Indoneisa Jakarta, Universitas Diponegoro Semarang serta UNS Solo.

Menyinggung insentif yang diberikan Pemkab Supiori, menurut dr Jenggo, karena tenaga dokter spesialis, maka pemerintah kabupaten akan menyiapkan rumah dan kendaraan operasional dalam rangka menunjang kinerja pelayanan pasien selama bertugas di Kabupaten Supiori.

Kabupaten Supiori merupakan daerah pemekaran dibentuk UU No 35 tahun 2003 dengan Ibu Kota Sorindiweri.
(M039/M026)
Editor: Ruslan Burhani