Politeknik Kesehatan Kemenkes

Selasa, 29 November 2011

Kemenkes Gelontorkan Rp1,53 Triliun

Dana optimalisasi non pendidikan yang diterima Kementerian Kesehatan sebesar Rp 1,53 triliun akan diplotkan untuk layanan jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) dan jaminan persalinan (jampersal). Sebut saja untuk peningkatan kelas III rumah sakit, penambahan IGD (instalasi gawat darurat), ICU, puskesmas, dan poned.

"Untuk tahun anggaran 2012, Kemenkes mendapatkan dana optimalisasi non pendidikan Rp 1,53 riliun dan pendidikan Rp 50 miliar. Untuk non pendidikan, akan kita gunakan bagi layanan Jamkesmas dan Jampersal," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (21/11).

Dijelaskannya, untuk tahun anggaran 2011, transfer dana Jamkesmas dan Jampersal mencapai Rp 1,3 triliun dari alokasi Rp 1,84 triliun. Sisa dana yang belum tersalur, akan diplotkan untuk Kabupaten Puncak Jaya.

"Dana Jamkesmas dan Jampersal untuk 2011 sebesar Rp 1,84 triliun. Dana itu didistribusikan ke 497 kabupaten/kota. Hingga November ini, yang disalurkan baru 496 daerah. Tinggal satu yaitu Kabupaten Puncak Jaya belum terdistribusi karena masih adanya masalah di daerah tersebut," jelas Menkes.

Dia berharap dana Jamkesmas dan Jampersal untuk Puncak Jaya akan tersalurkan dalam waktu dekat ini, agar masyarakat miskin maupun ibu melahirkan bisa menikmati layanan kesehatan gratis.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Buku CPNS 2021

Tryaout CPNS 2021