Politeknik Kesehatan Kemenkes

Selasa, 29 November 2011

Memasak dengan Baik Bisa Cegah Hepatitis A

BELAKANGAN Hepatitis A ramai diperbincangkan. Penyakit ini dianggap sebagai salah satu penyakit menular yang cukup berbahaya, terutama di kalangan anak-anak sekolah. Tapi, penyakit yang menular lewat faecal oral ini, ternyata mudah ditangkal. Salah satu dengan melakukan proses memasak dengan baik.

Depkes.go.id memberikan lima tips penting, khususnya bagi pembuat atau penjual makanan agar jajanan mereka aman dari virus Hepatitis A.

1. Menjaga kebersihan dengan mencuci tangan saat keluar toilet dan sebelum masak. Mencuci alat-alat masak dan makan juga harus bersih dan bebas dari binatang, seperti serangga.

2. Pisahkan bahan makanan matang dan mentah, gunakan alat dapur dan alat makan yang juga berbeda, dan simpan di tempat berbeda.

3. Masak makanan hingga matang, terutama daging, ayam, telur, dan seafood. Rebus sup hingga 70 derajat celcius. Untuk daging dan ayam, pastikan sudah tidak berwarna merah muda atau pink, serta panaskan makanan yang sudah matang dengan benar.

4. Simpan makanan di suhu aman. Jangan terlalu lama menyimpan makanan matang di suhu ruangan. Simpan makanan di lemari es, tetapi jangan terlalu lama. Panaskan makanan sampai lebih dari 60 derajat celcius.

5. Gunakan air bersih dan bahan makanan yang baik. pilih bahan makana yang segar, dan lakukan proses memasak dengan baik, cuci buah dan sayuran hingga bersih, dan jangan dunakan bahan makanan yang sudah kadaluarsa
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Buku CPNS 2021

Tryaout CPNS 2021