Politeknik Kesehatan Kemenkes

Minggu, 18 Januari 2015

5 Alasan Mengapa Kita Masih Pelu Makan Kacang

Kacang-kcangan
Kacang-kacangan kerap dianggap tabu oleh mereka yang sedang menjalani diet. Padahal, para ahli masih merekomendasikan para pelaku diet untuk mengonsumsinya 3 cangkir kacang-kacangan per minggu. Tentunya ada beragam alasan mengapa kita masih harus makan kacang.

"Orang yang makan kacang secara konsisten akan kurang mengalami kembung daripada orang yang jarang mengkonsumsinya," kata Cynthia Sass, MPH, RD, kontributor untuk bidang nutrisi di Health's.$

Berikut ini beberapa alasan mengapa kita masih harus makan kacang:

1. Memiliki serat yang tinggi

Serat yang banyak dalam kacang membuat tubuh terus merasa kenyang, sehingga tidak perlu mengonsumsi banyak makanan untuk mengenyangkan perut semata. Panduan diet merekomendasikan kepada wanita untuk memperoleh asupan serat 25 gram per hari. Untuk usia remaja bisa mengonsumsi kacang-kacangan 12.2 sampai dengan 13.8 gram setiap harinya.

2. Baik untuk pencernaan

Dalam kacang terkandung serat yang larut dan serat yang tidak larut. Sehingga mereka bekerja berbarengan untuk menjaga sistem pencernaan bekerja lebih baik dan lembut. Sebuah studi dari Nutrition Journal melihat efek dari kacang-kacangan khususnya kacang pinto dan kacang hitam yang sangat bagus dalam melancarkan perncernaan di usus besar.

3. Mengatur kadar gula dalam darah

Dilihat dari kandungan seratnya, banyak kacang-kacangan yang skalanya rendah dalam ukuran skala glikemik. Urutan makanan tersebut berdasarkan bagaimana kadar gula dalam darah. "Karena serat dan protein, kacang terabsorbsi dalam rata-rata yang rendah melampaui batas waktu," ujar Sass.

4. Menurunkan kolesterol

Berdasarkan studi dari Canadian Medical Journal yang menemukan bahwa makan kacang-kacangan, kacang polong, dan lainnya dapat menurunkan level LDL sebanyak 5%, dan kesempatan untuk terhindar dari penyakit dalam sistem kardiovascular menurun 5% hingga 6%.

5. Bagus untuk kesehatan jantung

Kacang-kacangan merupakan sumber potasium, magnesium, dan beberapa mineral penting yang dibutuhkan oleh jantung. Potasium sendiri secara alami memindahkan sodium dan air dari sistem yang mana bisa menurunkan tekanan darah. Sementara itu, magnesium berfungsi mengatur tekanan darah, berdasarkan National Institute of Health. (intisari)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Buku CPNS 2021

Tryaout CPNS 2021