Politeknik Kesehatan Kemenkes

Kamis, 13 Januari 2011

Izin Obat Dari Jepang Baru Dikirim ke Kemenkes Hari Ini


RS Hasan Sadikin (RSHS) baru hari ini mengirimkan surat izin penggunaan obat herbal dari Jepang untuk mengobati kutil yang ada di tubuh Dede Koswara, atau lebih dikenal 'manusia akar'.

Seperti diketahui, ketua pengobatan tradisional asal Jepang, Prof Nobutaka Suzuki, menawarkan obat tersebut untuk digunakan Dede. Namun, hal itu penggunaan obat tersebut memerlukan izin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) karena belum pernah dipakai di Indonesia.

"Izinnya sudah saya tandatangani tadi. Baru dikirim hari ini (ke Kemenkes)," kata Dirut RSHS Bayu Wahyudi, saat ditemui di RSHS, Jalan Pasteur, Senin (10/1/2010).

Dijelaskannya, obat tersebut sudah pernah diujicoba ke hewan dan manusia. Dari hasil ujicoba, obat itu dinilai mampu mengobati kutil.

"Obat ini sudah diuji coba ke hewan dan manusia. Tapi tentu kita ingin yang terbaik. Obat ini harus nunggu izin pengobatan dari Kemenkes," ungkapnya.

Saat disinggung rencana operasi yang bakal dilakukan besok, Bayu mengaku belum mengetahuinya. Namun jika operasi dilakukan, kemungkinan hanya dilakukan untuk menghilangkan sedikit kutil di tubuh Dede.

"Saya belum tahu. Mungkin besok tapi mungkin hanya sebagian operasinya," jelasnya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Buku CPNS 2021

Tryaout CPNS 2021