Politeknik Kesehatan Kemenkes

Rabu, 09 November 2011

Kemenkes Racik Jamu untuk Penyakit Hipertensi

Banyaknya tingkat penggunaan obat-obat tradisional melalui jamu membuat Kementerian Kesehatan terus melakukan pengembangan untuk mendapatkan bukti ilmiah akan kasiat dan manfaatnya.

Terbukti hingga saat ini, 4 ramuan lyang diketahui berkhasiat sebagai obat hipertensi, diabetes, asam urat dan kolesterol.

"Empat ramuan itu untuk anti hipertensi, anti hiperglikemia, antihiperkolesterolemia dan anti hiperurisemia (kadar asam urat dalam darah melebihi normal). Hasil dari uji klinis yang dilakukan cukup baik," ujar Kepala Pusat Teknologi Terapan Kesehatan dan Epidemiologi Klinis Kemenkes dr Siswanto di Jakarta.

Dr Siswanto mengatakan dalam empat ramuan ini terdiri dari jamu dasar yang mengandung meniran, temulawak dan kunyit yang memiliki efek sebagai penyegar serta jamu yang mengandung bahan-bahan berkhasiat.

"Formula ini bentuknya godokan. Untuk yang anti kencing manis ada sedikit kendala karena rasanya yang memang pahit sekali. Sambiloto sendiri sudah pahit apalagi ditambah dengan protowali," ungkapnya.

Dalam melakukan uji klinis ini peneliti melibatkan 120 orang untuk masing-masing formula, setiap orang diberikan formula selama 4 minggu dan diukur hasilnya tiap minggu.

Hasil yang didapatkan cukup baik seperti untuk formula anti hiperkolesterolemia bisa menurunkan kolesterol sebesar 20 persen, sedangkan untuk anti hipertensi mampu menurunkan angka sistolik sebesar 20 persen dan angka diastolik sebesar 10 persen.

Berdasarkan hasil ini maka akan dilakukan tahap uji klinis selanjutnya yaitu membandingkan satu kelompok yang diberi formula jamu dan satu kelompok lagi diberikan obat medis.

"Saintifikasi jamu ini bertujuan memberikan bukti ilmiah terhadap manfaat jamu sehingga ke depannya bisa diterima di kalangan medis atau dokter," ujar dr Siswanto.

Diharapkan nantinya jamu bisa digunakan sebagai salah satu upaya promotif dan preventif terutama untuk penyakit-penyakit tidak menular. Serta ingin menjadikan jamu sebagai tuan rumah di negeri sendiri dan tamu terhormat di negara lain. (mor)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Buku CPNS 2021

Tryaout CPNS 2021