Politeknik Kesehatan Kemenkes

Selasa, 17 Juli 2012

Serapan Anggaran Kemenkes 87 Persen

Anggaran Kementerian Kesehatan sebesar Rp 30,9 triliun pada tahun 2011 terserap Rp 26,9 triliun atau 87,2 persen. Penyerapan anggaran tersebut lebih kecil dibandingkan tahun 2 010 yang penyerapannya mencapai 89 persen.
Hal itu terungkap dalam rapat kerja Menteri Kesehatan dengan Komisi IX DPR, Senin (9/7/2012). Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi dalam paparannya menyebutkan, penurunan realisasi tersebut dikarenakan sejumlah Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tugas pembantuan selesai sekitar pertengahan tahun.
DIPA baru tugas pembantuan Bantuan Operasi Kesehatan (BOK), misalnya, selesai April. Begitu juga DIPA tugas pembantuan (TP-BUK) rumah sakit umum daerah dan dinas kesehatan dan DIPA penggunaan dana efisiensi. Selain itu, sering terjadi gagal lelang karena jumlah peserta yang mendaftar tidak memenuhi syarat. Kementerian Kesehatan juga lebih berhati-hati dalam pengelolaan anggaran.
Dalam rapat kerja itu, penyerapan anggaran untuk BOK yang diperuntukkan bagi Puskesmas mendapat sorotan. Penyerapan anggaran BOK hanya 87,38 persen. Anggota Komisi IX Caroline Margareth menyesalkan rendahnya serapan BOK mengingat BOK diperuntukkan bagi puskesmas yag menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat. Pemanfaatan BOK antara lain untuk pendataan sasaran, surveilance, pelayanan posyandu, penemuan kasus, pengambilan spesimen, dan promosi kesehatan.
Program lain yang mendapat sorotan ialah program pasar sehat di 10 pasar di 9 provinsi yang dimulai sebagai respon dari infeksi flu burung dan penanaman 5.000 pohon. Program-program itu dianggap tidak sesuai dengan tugas Kementerian Kesehatan dan diminta agar dievaluasi.
Dalam rapat kerja itu, Komisi IX DPR menerima laporan pertanggungjawaban Kementerian Kesehatan dengan sejumlah catatan, antara lain agar kementerian itu memberikan pendampingan teknis atas pelaksanaan petunjuk teknis BOK, mengevaluasi kembali program-program yang tidak sesuai dengan tugas pokok kementerian, dan mengevaluasi pengadaan barang dan jasa. 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Buku CPNS 2021

Tryaout CPNS 2021