Politeknik Kesehatan Kemenkes

Minggu, 06 Juli 2014

Mau Begadang Nonton Bola di Bulan Ramadan? Ini yang Harus Diperhatikan

Puasa di bulan Ramadan nampaknya tidak menjadi halangan bagi para pecinta sepak bola untuk menyaksikan piala dunia. Begadang pun terkadang tetap dilakukan meskipun waktu tidur berkurang karena harus santap sahur di pagi harinya.

Nah, dikatakan ahli gizi Rita Ramayulis DCN, MKes, ketika malam hari kegiatan kegiatan organ dalam tubuh menurun sampai 50 persen. Tetapi, ketika begadang ada upaya pemaksaan organ tubuh untuk bekerja lebih berat. Padahal, malam hari adalah masa organ beristirahat.

"Tapi kan kita ajak organ ini tetap bekerja untuk memompa darah guna menjaga kesadaran kita saat nonton bola. Oleh karena itu, jangan pernah tambahkan makanan yang membuat kerja organ kita makin berat," tutur Rita saat dengan detikHealth dan ditulis pada Minggu (6/7/2014).

Maka dari itu, untuk memperoleh sumber energi bagi tubuh, Rita menyarankan pilihlah camilan yang mudah dicerna. Sebaiknya jangan pilih gorengan atau minuman bersoda sebagai teman menonton bola.

"Jadi kalau malam hari pilih minuman yang hangat untuk mempertahankan suhu tubuh kita, teh manis boleh tapi sedikit. Jangan minuman soda dan kopi kental. Kalau mau minum kopi sedikit saja supaya tubuh kita bisa lebih bertahan," tambah dosen jurusan Gizi Poltekkes II Jakarta ini.

Jika ingin mengonsumsi one dish meal, seperti nasi goreng diperbolehkan tetapi dalam porsi yang lebih sedikit. Lalu, usahakan dipadu dengan buah segar atau jus buah. Sebab, one dish meal pada prinsipnya bisa memperberat kerja organ. Jus buah atau buah segar yang dikonsumsi pun sebaiknya tidak dalam kondisi dingin karena dimasukkan ke dalam kulkas. Sebab, akan sulit dicerna lambung. Maka dari itu, ada baiknya, keluarkan sejenak buah atau jus tersebut.

"Pilihan camilan yang paling bagus ya cracker, roti bakar, roti, camilan yang terbuat dari tepung, sereal, atau kacang-kacangan. Itu kan lebih baik daripada gorengan," kata Rita.

Ia mengingatkan, saat seseorang kurang tidur, makanan tidak bisa menggantikan waktu tidur yang hilang. Dengan kata lain, jika kurang tidur maka gantilah dengan tidur. Saat banyak begadang di malam hari, Rita menyarankan sempatkan istirahat setengah sampai satu jam di siang hari supaya tubuh tetap berstamina.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Buku CPNS 2021

Tryaout CPNS 2021