Politeknik Kesehatan Kemenkes

Minggu, 06 Juli 2014

92 Persen Anak Derita Gigi Berlubang

Sekitar 92 persen gigi anak-anak tingkat sekolah dasar (SD) di Palembang mengalami gigi berlubang. Data ini hasil penelitian yang dilakukan salah satu dosen dari Politekhnik Kesehatan (poltekkes) Jurusan Keperawatan Gigi Palembang.

Sebagai pengabdian kepada masyarakat, kemarin, Poltekkes Jurusan Keperawatan Gigi Palembang melakukan pemeriksaan gigi dan mengajak sikat gigi massal kepada siswa  di Madrasah Ibtidaiah Negeri (MIN) 2 Model Palembang.

Pantauan Sumatera Ekspres, berbagai ekspresi wajah ceria terlihat dari anak kelas III, IV dan V MIN 2 Model Palembang. Saat per satu tim dari Poltekkes melihat gigi mereka dengan bantuan beberapa alat medis. Sebelumnya juga para siswa mengikuti kegiatan sikat gigi massal.

“Karena banyak anak yang menderita gigi berlubang, sebagai kegiatan pengabdian ke masyarakat ini kami  melakukan pemeriksaan gigi di setiap sekolah,”ungkap salah satu dosen sekaligus drg dari Poltekkes jurusan Keperawatan Gigi Palembang, drg Nandang Koswara MKes, di sela-sela kegiatan.
Menurutnya, banyak penyebab gigi berlubang. Antara lain karena jarang menggosok gigi, pengaruh makanan manis juga menjadi pemicu. Untuk itu dengan diajarkan menyikat gigi sejak dini para anak-anak dapat membiasakan diri melakukan hal tersebut.

”Kami juga memberikan penyuluhan kepada masyrakat hingga ke tingkat RT untuk mengajak pentingnya merawat gigi,”bebernya.

Diakuinya, penyuluhan sangat penting, sebelum melakukan perawatan, karena sebagai promosi agar menjaga kebersihan dengan cara mudah, murah dan praktis. Kalau dari anak-anak memiliki gigi berlubang yang masih kecil bisa dilakukan penambalan.

Pihaknya bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang dan Kementerian Kesehatan akan terus melakukan hal tersebut. Bahkan tahun ini ada empat kegiatan pengabdian yang dilakukan ini.
Sementara itu, Kepala MIN 2 Model Palembang, Budiman SPdI MPd menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada para tim dari Poltekkes Jurusan Kesehatan Gigi Palembang yang melakukan pengabdian masyarakat di sekolahnya. Kalau selama ini biasanya dilakukan dari Puskesmas.
”Semoga dengan adnya kegiatan ini dapat terus memotivasi semua murid melakukan kebersihan khususnya gigi,”tukasnya.(uni/via)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Buku CPNS 2021

Tryaout CPNS 2021