Politeknik Kesehatan Kemenkes

Minggu, 18 Januari 2015

Hot Chocolate Ampuh Menjaga Kesehatan Otak

Seperti yang diketahui bahwa otak merupakan salah satu organ tubuh yang penting. Terdapat banyak saraf di dalam otak yang mempengaruhi seorang manusia. Namun, banyak sekali orang yang tanpa disadari melakukan hal yang sebenarnya tidak baik atau merusak otak salah satunya merokok. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan otak?
Otak sangat penting bagi manusia karena kinerja otak mempengaruhi setiap hal yang dipikirkan serta dilakukan seseorang. Maka dari itu, kesehatan otak haruslah diperhatikan dan dijaga dengan baik agar fungsi otak dapat bekerja dengan baik pula.
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan otak, misalnya:
  1. Berhenti merokok. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa di dalam rokok terdapat kandungan-kandungan yang merusak otak khususnya pada fungsi kognitif seperti membuat pikun, sulit mempelajari hal baru hingga dapat mengungkapkan hal yang kurang logis ketika berbicara dengan orang lain.
  2. Minum hot chocolate. Kandungan flavonoid yang terdapat di dalam hot chocolate sangat baik untuk melancarkan peredaran darah serta mensuplai oksigen ke otak. Sebuah penelitian menghasilkan bahwa pikiran akan menjadi lebih jernih sepanjang hari ketika seseorang minum hot chocolate di pagi hari. Dan jangan lupa, kandungan antioksiden akan semakin tinggi kalau warna hot chocolate semakin gelap.
  3. Selain minum hot chocolate, melakukan headstand juga dapat melancarkan peredaran darah serta mensuplai oksigen ke otak. Jika tidak bisa melakukan headstand, ajak orang terdekat anda untuk membantu atau ikutlah kelas yoga. Tidak hanya untuk meningkatkan fungsi otak, headstand juga dapat mengurangi stress dan mengatasi susah tidur. Lakukan setiap hari selama 10 menit.
  4. Kurangi kegiatan nyemil. Jangan sering makan makanan ringan atau nyemil karena hal tersebut menyebabkan kegemukan. Kegemukan akibat terlalu banyak makan memicu arteri otak mengeras dan menurunkan mental serta fungsi otak.
Nah, mulai sekarang lakukan hal di atas dan ajak orang terdekat untuk menjaga kesehatan otak.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Buku CPNS 2021

Tryaout CPNS 2021