Politeknik Kesehatan Kemenkes

Senin, 24 Januari 2011

Kemenkes: 957 Anak Idap HIV

Penderita HIV/AIDS di Indonesia kian meningkat. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, ada 957 anak mengidap HIV.

Data Kemenkes menunjukkan, ada 14.865 penderita HIV pada tahun 2009 dan 15.275 penderita HIV di tahun 2010. Sedangkan kasus AIDS, ada 3.863 penderita di tahun 2009 dan 4.158 penderita AIDS pada tahun 2010.

"Untuk penderita khususnya anak-anak yang menderita HIV sejauh ini ada 957 anak," kata Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung Depkes Tjandra Yoga Adhitama.

Hal ini disampaikan dia saat rapat kerja Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih dan jajarannya dengan Komisi IX DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (18/1/2011). Tjandra menjawab pertanyaan dari anggota Komisi IX DPR dari F-PAN Jamaluddin Jafar yang menanyakan penanganan kasus HIV/AIDS yang terus meningkat.

Dikatakan dia, telah dibangun 46 klinik di seluruh Indonesia untuk menangani HIV/AIDS pada tahun 2009. Sementara di tahun 2010, telah dibangun 71 klinik.

"Memang masih kurang. Tetapi, kita upayakan akan ada penambahan klinik," ujarnya. Obat HIV/AIDS masih diadakan oleh APBN dan diproduksi di dalam negeri.

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menambahkan obat-obat HIV dalam negeri masih ada yang belum lolos.

"Kita mendorong salah satunya, Kimia Farma, kenapa belum qualified oleh WHO. Kalau mereka berhasil obat bisa dibeli oleh rakyat dengan harga murah," kata Endang.

Ia mengatakan, ada program khusus di Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) untuk untuk menangani kasus HIV/AIDS.

"Ada mobil klinik tetapi medannya sulit dan HIV pengobatannya seumur hidup. Ada dugaan, orang-orang di pedalaman main ke kota dan kembali ke pedalaman sehingga tertular," kata Endang.

Dikatakan dia, Papua masih tinggi dalam penyakit AIDS dan malaria. Kemenkes masih terkendala dengan medan.

"AIDS di Papua sudah memasuki masyarakat yang umum. Di sana, ada budaya berganti-ganti pasangan dan pernah ada kasus pembunuhan karena ketahuan HIV positif. Mereka sangat takut mengaku dirinya terkena HIV positif," papar Endang.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Buku CPNS 2021

Tryaout CPNS 2021