Politeknik Kesehatan Kemenkes

Sabtu, 30 November 2013

Rajinlah Konsumsi Makanan Enak Ini Agar Terhindar dari Diabetes

Kelebihan berat badan, pola makan salah dan kurang olahraga menjadi pemicu penyakit diabetes. Banyak bahan makanan yang bisa dikonsumsi rutin untuk mengatur kadar gula darah agar tidak terkena diabetes.

Selain mengatur pola makan sehat dan tidak mengonsumsi gula dan kalori berlebihan, konsumsi bahan makanan tertentu juga bisa mencegah diabetes. Beberapa makanan seperti dilansir dalam timesofindia.com (29/11/2013)ini dapat mencegah terjadinya diabetes:

1. Kunyit
Studi menyatakan bahwa kurkumin, dapat membantu mencegah diabetes dengan mengendalikan berat badan. Juga mencegah penumpukan lemak berbahaya pada tubuh. Kunyit mengandung antiglikemik yang membantu mengatur dan menyeimbangkan kadar insulin.

2. Strawberry
Mengonsumsi strawberry membantu mengaktifkan protein dalam tubuh yang mengurangi kolesterol LDL dan lipid darah. Selain itu, juga bermanfaat dalam menurunkan kadar glukosa darah.

3. Keju dan yogurt
Keju dan yogurt yang rendah lemak mengandung bakteri sehat. Para ahli percaya bakteri ini memberi dampak positif untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Kayu manis
Memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya membantu menurunkan kadar glukosa darah saat puasa. Juga diketahui dapat menurunkan kadar trigliserida, kolesterol LDL dan meningkatkan sensitivitas insulin. Taburkan di atas roti yang dipanggang atau campurkan dalam adonan kue dan minuman.

5. Bayam
Kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian di Inggris menunjukkan bahwa mengonsumsi bayam setiap hari dapat mengurangi resiko diabetes sebesar 14 persen.

6. Apel
Apel segar mengandung anthocyanin yang sangat bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah. Selain itu juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.






Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Buku CPNS 2021

Tryaout CPNS 2021